Tuesday, October 5, 2010

Umur Gue tinggal 2 tahun




Bunyi alarm……………………kkkkrrrrrrriiinnnnngg……
Tia 
:
”Aduuh… (gedubrak, krang.. alarm terjatuh, gelas pecah) Layaaaa…..Lama banget sih? Ngapain lo?”
Laya 
:
”Ya lagi masak lah, apalagi tugas gue di sini sebagai seorang pembokat.”
Tia
:
”Sopan lo, beresin nih. Mana baju gue?”
Laya
:
”Ya di lemari atuh, oonnya.”

 (Tia menjenggut rambut Laya)
Tia
:
”Dasar! Makin lama makin kurang ajar ya?”
Laya
:
” Aaah, lepasin. Gara-gara kamu aku diputusin pacar aku.”
Tia
:
”Haha.. Diputusin? Kaciiiaan makanya loe janagn berani-beraninya ngedeketin Hari, udah tau dia tuh cowoknya Zizi, baru nyesel kan sekarang cowok loe gue rebut. Haha..”

 (Tia pergi ke kamar mandi sambil bernyanyi)
Tia  menangis sambil membersihkan pecahan gelas.
Laya
:
“Tia jahat..pacar aku diembat juga. Kenapa sih dia gak pernah puas sama cowoknya.”
Tia
:
(menengok dari balik pintu) Heh, ngomong apa loe?”
(Laya terdiam sambil menggigit bibirnya, Ups!”)
Yola
:
”Tiaaa………hai Laya!” (berbisik ke Tia) Kok ke sekolah naik bus sih?  sama pembokat lagi.”
Tia
:
”Ah.. gak papa. Tadi cowok gue gak nganter, katanya motornya mogok, so ya gue pergi bareng Laya. Masuk yuk. Nanti pas istirahat kumpulin anak-anak ya… gue mau ada pengumuman nih!”
Yola
:
”Pengumuman? Pengumuman apaan?”
Tia
:
Ada deh, gue bilangnya entar aja.”

  
  

Di taman, jam istirahat
Yola
:
”Pengumuman apaan sih, Ti? Jangan-jangan pengumuman lo mau kawin.  Sama Angga ya, ato Rangga, Adit, Novan?”
Tia
:
”Wes. Ya kagak lah..Sama siapa?. Bukan itu, sebenarnya ada hal yang pengen aku omongin sama kalian.”

 (semua serempak : “Apa?”)
Zizi
:
”Apa? Emangnya harus pake Laya, yah?”
Tia
:
 ”Eeh, iya. Sebenarnya gue pengen kalau Laya jadi salah satu anggota kita. Gue tahu, mungkin Zizi gak suka, tapi gue pikir, kita kan Squekma, jelas anggotanya ada 5, kan? Jadi ya… apa salahnya Laya jadi anggota kita. Dia baik, pinter, cantik, setia kawan lagi.”
Zizi
:
”Gue gak setuju, kita asalnya emang ada 5. Walaupun Ria udah meninggal, gue gak mau posisi Ria diganti sama siapapun.”
Chacha
:
”Gue……absent, terserah Yola aja.”
Yola
:
”Kalo menurut Yola, kayaknya boleh tuh! Berempat aja kayaknya gak rame deh, lagian Laya kan pinter, mungkin bisa bantu kita ngadepetin nilai bagus. Lo mau Bantu kita kan Lay?”
Laya
:
”Iya, pasti. Makasih, aku seneng banget.”
Tia  
:
”Tuh, kan Chacha, Yola, gue sama Laya udah setuju, tinggal loe.”

(Chacha, Tia, Yola, Laya serempak :”Ziiiii……… Gimaana?”
Zizi
:
”Ya… terserah kalian aja deh.”
Yola
:
”Asyik, berarti kita ada 5 lagi, dong.”

(Chacha, Tia, Yola, Laya serempak :”Ye………”)                  
(Tiba-tiba Rian datang)
Rian
:
”Cha, aku mau ngomong sebentar.” (membawa Chacha ke taman)
Chacha
:
”Apa sih? (muka jutek)
Rian
:
”Kenapa kemarin telepon aku gak diangkat, disms juga gak dijawab. Kamu marah ya? Tapi perasaan aku gak punya salah sama kamu.”
Chacha
:
”Penting ya, pake aku kamu? Sok mesra.”
Rian
:
”Kok kamu gitu sih?”
Chacha
:
”Kamu yang kenapa, rambut tuh, style lo, motor bekjul loe. Gue malu, kenapa sih lo gak sekeren yang lain? Bahkan Yola yang tulait aja, cowoknya tuh keren banget. Sedangkan loe? Gue aneh sama lo. Sebenernya lo tuh cakep, tajir pula.”
Rian 
:
”Tapi kan dari awalnya juga lo tau gue emang kayak gini, Cha. Kalau lo malu juga, kenapa lo terima cinta gue?”
Chacha
:
”Idiih..Dari dulu juga gue Cuma mau morotin loe, lagian juga kalo gue tau pacaran kayak gini, gue gakakan mau. Gak rame.”
Rian
:
”Gak rame gimana?   Tapi gue makin lama makin saying sama lo.”
Chacha
:
”Ya kalo lo makin saying sama gue, buktiin doong! Gue pengen pacaran sama cowok tinggi, putih, ya..gayanya hiphop atau rockn roll laah, keren, ngeroko, anak gaul, suka dugem,emm jungkiest gapapa.”
Rian
:
”Oke, kalo itu mau lo. Gue berubah, demi lo Sya.”

 (Rian pergi meninggalkan Chacha)

***

Di rumah Tia 
Yola
:
”Cha, Rian ke mana? Kenapa tadi gak masuk sekolah?”
Chacha
:
”Ya mana gue tau, kenapa tanya ke gue.”
Zizi
:
”Ya, lo kan ceweknya. Harusnya lo tau lah dia dimana. O, ya..Tia mana ya? Kok lama banget? Dia pasti bakal pulang kan?”
Yola
:
”Tadi sore, Tia nge-sms. Katanya Sorry, ya. Tia kyknya g bs plang hr ini,coz ada urusan bntar, gpp kan?
Zizi
:
”Urusan apaan sih? Lo tau gak Lay?”
Laya
:
”Gak tau juga. Biasanya kalo malem-malem, Laya emang jarang ada di rumah. Pulangnya jam 3 pagi, itu juga dianterin sama cowok yang beda-beda.”

 (Yola, Chacha, Zizi saling berpandangan serempak “Sumpe Lo?”)
Suara ketukan pintu terdengar.
Yola 
:
”Tia, iiih… bau! Minum ya?”
Tia
:
”Hehe, sorry ya lo cuman kebagian baunya doang, minumannya udah abis sih, sama cowok baru gue.”
Zizi
:
”Dapet berapa?”(muka jutek)
Tia
:
”Lumayan lah. Buat nambahin uang jajan.”
Laya
:
”Kita khawatir sama kamu, Ti. Tapi tumben kamu gak dianterin cowok, pulangnya juga gak pagi.”
Tia
:
”Tadi gue kesel, dia baru ngasih 500, katanya sih ntar aja sisanya. Ya udah, gue tinggalin aja. Cowok kere.”
Zizi
:
”Lo kok jadi kayak gini,Ti? Lo harusnya mertahanin harga diri loe sebagai seorang cewek.”
Chacha
:
”Iya, kenapa sih Ti, lo jadi kayak perek gini?.”

 (Tia terdiam, sejenak suasana hening)
Tia
:
(menangis) “Kenapa gue harus mertahanin harga diri gue. Toh harga diri gue udah Hilang waktu gue kelas 2 Smp. Kalian tau kan, bahkan Angga sama sekali gak mau tanggung jawab.”
Laya 
:
”Tapi kan dia nganterin kamu ke dokter buat gugurin kandungan?”
Tia
:
”Bukan itu yang gue mau, gue mau seharusnya dia tanggung jawab, atau janji kek bakal nikahin gue. Bukannya abis nganterin dari dokter, terus dia ngilang gitu aja. Sampai sekarang gue gak tau dia dimana.”
Laya
:
”Udah lah, ngapain juga kamu tau dia dimana, lupain aja.”

Seminggu kemudian, di kelas, pagi-pagi Chacha sedang sibuk mngerjakan PR.
Chacha
:
”Huh, banyak banget sih ni PR. Mana orang-orang parada belum datang lagi. Rese ni guru, mana susah-susah lagi. Aghhh! Pusing!”
Rian
:
”Hai Cha!”
Chacha
:
”Ngapain lo? Sana pergi!”
Rian
:
”Cha, sombong banget sih!”
Chacha
:
”Apa sih?!..(terhenti, terbengong melihat Rian dari bawah sampai atas)
  Ya ampun…Rian keren bangeet. Sumpe ini lo?”
Rian
:
”Ya iya lah, secara gitu gue udah berubah, karena lo, Cha. Gimana kalo sekarang kita bolos aja, terus malemnya kita dugem, Ok?”
Chacha
:
”Iya, seneng banget, berarti sekarang gak ada dalem kamus gue kalo gue pacaran sama cowok cupu.”
Rian
:
”Udah lah, pokonya sebulan ini mendingan kita bolos aja, kita seneng seneng. Ok?”
Chacha
:
:”Nyokap gue?”
Rian
:
”Ya lo nya harus pinter-pinter cari alesan kali Cha!”
Chacha
:
”Ok, sip! Honey, jalan sekarang yuk!”


 (Zizi, Tia, Laya, dan Yola datang)

Zizi   :”Cha, mau ke mana?”
Chacha :”Mau mabal. Ntar bilangin ke Pa Aceng gue sakit ya. Dadaaah!”
Yola     :”Rian berubah ya.”
Laya    :”Iya, iih lucu banget.”
Zizi    :” Eh, Ti, gue udah tau Angga ada di mana.”
Tia     :”Gue udah gak peduli dia ada di mana, Zi. Kalo tau juga mau ngapain.”
Zizi    :”Dia tinggal di Depok, rumahnya deket sodara gue. Kata saudara gue, 2 bulan yang lalu dia meninggal.”
Laya   :”Innalillahi wa Inna Illaihi Raji’un.”
Yola    :”Ya ampun.”
Tia     :”Terus?”
Zizi    :”Dia meninggal karena AIDS.”
Yola, Tia  :”AIDS?”
Tia      :”Terus? Siapa yang peduli.”
Zizi     :”Tia gak mikir apa? Orang yang meninggal karena AIDS, itu berarti dia udah terinfeksi virus HIV kira-kira 5 taun yang lalu. Bukannya lo sendiri yang bilang kalau 3 taun yang lalu, lo ML sama dia? Itu berarti kan lo udah terinfeksi virus HIV.”
(Laya menyenggol tangan Zizi)
(Tia terkejut mendengarnya. Air mata yang tak terbendung, kini membasahi pipinya)
Tia      :”Gak mungkin. Gak mungkin. Ha ha ha ha. Gak mungkin Zi, Gak mungkin Lay, Yol, Gak mungkin, umur gue masih seribu taun lagi kali… haha..”
(Tia berlari meninggalkan kelas)
Yola    :”Tia, mo ke mana? Tunggu!”
Zizi    :”Udah biarin aja Yol, biarin dia sendirian, supaya tenang.”
Laya  :”Apa itu berarti umur Tia Cuma tinggal 2 taun lagi?”
Zizi   :”Mungkin iya, umur orang siapa sih yang tau selain Allah. Yang jelas kita harus terus kasih dia support. Sampai waktunya datang.”

***

5 bulan kemudian

Di rumah Tia, telepon berdering
Tia     :”Halo, dari siapa mau ke siapa?”
Ibunya Chacha :”Halo, Tia? Ini mamanya Chacha.”
Tia    :”Oh, tante, ada apa tante? Tante nangis? Kok suaranya kayak yang sedih tante.”
Ibunya Chacha :”Kamu kesini ya!”
Tia    :”Emang ada apa tante?”
Ibunya Chacha :”Kamu dteng aja, nanti juga  kamu tau.” (menutup telepon)
Tia    :”Tante? Iih, ada apa sih? Kok nangis?”
(Tia langsung pergi ke rumah Chacha)

Tia melihat bendera kuning di depan rumah Chacha. Tia langsung berlari masuk ke rumah.
Tia    :”Yola, siapa yang meninggal?”
Yola  :”Chacha.”
Tia    :”Chacha? Aduh jangan bercanda deh, gue serius nanya kalian, Chacha mana?....... Woi!”
(Tia melihat ke sekeliling, dilihatnya Chacha terbalut kain kafan, kulit putihnya yang mulus menjadi penuh dengan luka, dan pipinya yang lesung menjadi chabi, tubuhnya yang langsing jadi gendut. Tangan dan bibir Tia bergetar. Akhirnya ia menangis juga menemani teman-temannya)
Laya  :”Kata polisi, mereka nemuin Chacha dan Rian meninggal di kosan. Dokter bilang, mereka overdosis.”
Tia    :”Kenapa Chacha? Harusnya kan yang meninggal duluan gue, bukan Chacha.”
Zizi   :”Umur bukan kita yang nentuin, Tia. Siapa yang tau kalau sekarang atau besok kita meninggal? Gak ada yang tau.”

September 23, 2007

No comments:

Post a Comment